dana-desa
Berita

Itda Sulit Awasi Kepala Desa

CIANJUR – Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan dalam membina kepala desa untuk tidak melakukan penyalahgunaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Inspektur Derah (Irda) Kabupaten Cianjur, Agus Indra, mengatakan, pihaknya sudah menerima banyak laporan terkait penyalahgunaan anggaran oleh kepala desa. Di antaranya sedang diproses dan dalam tahap peninjauan.

“Ada yang sedang diawasi untuk perbaikan, jika tidak menunjukan perubahan maka nanti ada penindakan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (14/9).

Menurutnya, Itda sudah sering melakukan pembinaan baik kepada kepala desa ataupun kepada stafnya. Namun karakter pribadi yang buruk membuat pembinaan tersebut tidak begitu berpengaruh.

“Sudah kami bina, bahkan contoh kepala desa yang terkait kasus penyalahgunaan dan yang dipenjarakan pun kami perlihatkan. Tapi kalau sudah karakter ya susah,” kata dia.

Kendati demikin, Agus berharap akan ada perbaikan di Cianjur terlebih berkenaan pengelolaan anggaran di desa. Warga dan pihak lainnya pun diharapkan turut mengawasi pelaksanaan pengelolaan anggaraan.

“Semakin banyak yang mengawasi semakin kecil kemungkinan melakukan penyalahgunaan. Kami harap ke depan pengelolaan anggaran di desa bisa transparan dan sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan,” tandasnya.(bay)

Sumber: Cianjur Ekspres

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *