bupati-cianjur-2016-irvan-rivano-dan-wakil
Berita

Setiap Dinas Rawan Pungli

CIANJUR – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menegaskan bahwa Kabupaten Cianjur harus bebas pungutan liar (pungli). Jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cianjur melakukan pungli, akan diberi sanksi tegas.

“Jangan sampai terjadi pungli di Cianjur. Apalagi terjadi operasi tangkap tangan (OTT) seperti yang ramai diberitakan saat ini. Makanya dijalankan beberapa upaya,” kata dia saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur, kemarin (13/10).

Menurutnya, pemkab sudah membuka layanan ‘Lapor’, dengan begitu warga dapat melaporkan upaya pungli dari oknum ASN di setiap instansi. “Sudah ada beberapa laporan yang masuk dan sedang ditindaklanjuti,” kata dia.

Irvan mengungkapkan, setiap dinas berpotensi terjadi pungli, terutama dinas yang berperan dalam pelayanan kepada warga. “Semuanya berpotensi, terutama yang bersentuhan langsung dengan warga dalam masalah pelayanan,” kata dia

Praktik pungli, lanjut dia, terjadi lantaran faktor Sumber Daya Manusia (SDM). Namun banyaknya yang mengawasi dinyakini dapat menekan pungli.

“Instruksi ke setiap dinas untuk antisipasi pungli sudah ada, tinggal pelaksanaannya,” kata dia.

Belum lama ini Inspektur Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur, Agus Indra, menyatakan pihaknya telah menerima 7 laporan dari warga melalui layanan pengaduan pesan singkat ke 1708. “Sekarang itu mudah bagi warga menyampaikan kritik dan saran soal pelayanan publik. Sebagai kontrol sosial agar ASN tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cianjur, Atte Adha Kusdinan, mmenyatakan pelayanan di Dinas Perhubungan di antaranya KIR dan perpajangan izin trayek rawan terjadi pungli. Namun pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan menginstruksikan pegawainya agar tidak melakukan hal itu.

Di samping itu, para pemilik angkutan pun disosialisasikan agar membayar sesuai biaya yang ditentukan oleh aturan. Jika ada yang menerima lebih, maka bisa segera melaporkan kepada dirinya.

“Saya juga akan langsung mengawasi secara penuh prosesnya, kalau menemukan pungli tentu ada sanksi tegas bagi mereka. Para pemilik kendaraan pun jangan memberikan uang lebih bagi petugas supaya meminimalisir adanya pungli. Dan kami pun tidak memungkiri adanya hal itu, tapi terus diteakan hingga ke depannya praktik tersebut hilang,” kata dia.(bay)

 

Sumber: Cianjur Expres

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *